Kamis, 16 Desember 2010

Nabi saw Menjelang Turunnya Wahyu

Ketika telah dekat hari-hari menjelang turunnya wahyu, Allah menumbuhkan rasa cinta menyepi(ber-khalwat) kepada beliau. Lalu beliau mengasingkan diri di gua Hira' sambil beribadah disitu. Ada yang mengatakan ibadah beliau itu berupa Dzikir, dan ada yang mengatakan bahwa ibadah beliau itu berupa renungan. Ada juga yang meriwayatkan secara luas di dalam Thabaqat al-manaw dan didalam ucapan Syaikh Muhyidin Ibn Al-Arabi bahwa ibadah beliau sebelum kenabian adalah mengikuti syariat Nabi Ibrahim as. dan ada yang mengatakan juga yang lain.

Selama dalam pengasingan itu, beliau sering mimpi yang semuanya akhirnya menjadi kenyataan. Adapun mimpi-mimpi beliau itu adalah mimpi-mimpi yang benar yang merupakan pendahulu wahyu. Diberitakan bahwa hal tersebut terjadi lebih kurang enam bulan lamanya.

Disebut bahwa ketika semakin dekat wahyu diturunkan, Maka semakin sering pula setan-setan dirajam(dilempari) dengan bintang-bintang, dan sejak saat itu pula terhalanhlah mereka untuk mendengarkan berita-berita rahasia dari langit.

Wahyu Pertama
Ketika usia beliau telah mencapai genap empat puluh tahun, jibril datang menemui beliau di gua Hira' sambil membawa berita kenabian. Jibril berkata : Bacalah
Beliau menjawab "saya tidak dapat membaca."
Lalu jibril merangkul beliau sehingga beliau merasa kepayahan. Kemudian dilepaskannya kembali, lalu berkata  Bacalah!
Beliau menjawab : "saya tidak dapat membaca"
Maka jibril merangkul beliau sekali lagi, kemudian dilepaskannya pula seraya berkata : Bacalah!
Beliau tetap menjawab : "saya tidak dapat membaca"
Untuk yang ketiga kalinya jibril merangkul beliau, kemudian dilepaskannya , dan ia berkata pula : Bacalah
Beliau menjawab : "saya tidak dapat membaca"
Jibril merangkul beliau lagi, lalu dilepaskannya dan kemudian berkata : Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang telah menciptakan, yang menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang paling pemurah, yang mengajar (manusia) dengan perantara  kalam (tulis baca), Dia mengajarkan kepada manusia  apa yang tidak diketahuinya."


Setelah itu jibril membawa beliau turun dari atas gunung, lalu ia menghentakkan kakinya ke tanah, maka menyemburlah mata air disitu . Kemudian jibril berwudu  dan menyuruh beliau agar berwudu pula Lantas jibril shalat dua reka'at seraya berkata "beginilah cara shalat itu"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar