Sabtu, 26 April 2014

Legenda Makam Tumenggung di Desa Bakung Temenggungan

Legenda Tumenggung, Makam Tumenggung  di Desa Bakung Temennggungan, Kecamatan Balong Bendo, Kabupaten Sidoarjo

Makam Tumenggung berada di km 39 jalan raya mojokerto surabaya,Makam Tumenggung ini berada di tengah tengah dusun Temenggungan.  Kawasan ini terletak dipinggir jalan raya mojokerto surabaya, disebelah timur makam ada pertigaan jurusan Bocok kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo. 200 meter dari pertigaan terdapat  pohon kesambi  disinilah orang meyakini bahwa yang babat alas (Nyi Rambi) berada ditempat ini.

Menurut cerita "wong tuwo-tuwo mbiyen" (orang tua-tua dahulu), di dimakam Tumenggung  dan punden tempat yang babat alas (Nyi Rambi) bila ada warga yang akan mengikuti pilihan kepala desa, bagi yang mencalonkan  kepala desa terlebih dulu mohon do’a restu didua  tempat  yang sudah disakralkan ini.

Pembangunan Makam Tumenggung tidak luput dari kiprah sang juru kunci (Abu Ashar) yang pengerjaannya dilaksanakan sendiri, Juru kunci (Abu Ashar) dalam pengerjaan cungkup Makam Tumenggung selalu berhubungan dengan tokoh spiritual dusun setempat dan desa lain

 Sampai sekarang ini pun, Makam Tumenggung Dan punden yang babat alas (Nyi Rambi) tetap dikeramatkan oleh sebagian warga Temenggungan dan sekitarnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar