Sabtu, 06 November 2010

PENGERTIAN MA'RIFAT

Sebenarnya arti ma'rifat ialah pengetahuan, mengetahui sesuatu dengan seyakin yakinnya. Ma'rifatullah bisa diartikan dengan tepat mengenal Allah kenal mengenai dzatnya, sifat dan asmanya.  Orang sufi mempunyai pengertian tersendiri yang lebih mendalam tentang ma'rifat, orang sufi menempuh jalan zauq dan qalb.untuk menempuh ma'rifat, membersihkan diri sebersih bersihnya dengan menempuh tingkatan yaitu maqamat, zuhut.
Musyahadah dengan perasaan dan akal sesuatu yang tidak dapat dicapai oleh perasaan dan akal manusia biasa, tetapi dengan perasaan lain, perpaduan antara rasa, karsa, cipta dan cinta yang tidak dapat digambarkan dan diuraikan secara sesuatu duniawi, tetapi semua itu merupakan pembukaan rokhani dalam alam malakut. Maka manusia yang sudah sampai ketempat itu melihat, mendengar, merasa, dan mempersaksikan apa yang tidak dapat dikerjakan oleh manusia yang masih tertutup dengan kemanusiaan bikinan tanah, manusia yang masih diselubungi kebendaan.
Maka oleh karena itu dalam latihan sufi itu terdapat dasar pendidikan takhalli, membersihkan diri yang kasar dan kotor, takhalli, mengisi dengan sifat-sifat dan cara hidup yang suci dan murni, kemudian barulah sampai kepada tajali, tampak nyata melihat segala yang gaib-gaib, termasuk rahasia Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar