Kamis, 18 November 2010

WAFAT SYEIKH ABDUL KHODIR AL JAILANI

Syeikh Abdul Khodir Al Jailani sebagai orang yang tekun berda'wah, bermujahadah, dan mengajar orang orang. Tugas ini beliau laksanakan sampai menjelang wafatnya, pada tahun 561 H. dengan usia 90 tahun. Putra beliau Syarifuddin 'Isa telah menggambarkan keadaan beliau ketika sedang sakit sampai menjelang kematiannya, dan kesedihan dunia ditinggalkan beliau untuk berpindah kesisi Tuhannya;
Kata Syaifuddin 'Isa ; "Ketika penyakitnya telah memuncak lalu wafatlah beliau pada waktu itu juga. Sebelum  itu beliau diminta nasehat oleh puteranya, Bernama Abdul Wahab; Katanya, "Berilah aku wasiat, wahai tuanku. Apa yang harus ku kerjakan setelah kepergianmu nanti!"
Berkata beliau : "Engkau harus selalu bertaqwa kepada Allah!"
Suatu ketika Syeikh Abdul Khodir Al Jailani pernah digoda oleh syetan, dan sebagaimana kata beliau:
"Aku pernah melihat suatu cahaya besar dan memenuhi angkasa raya, lalu disana aku ditunjukkan suatu bayang bayang yang bisa memanggil namaku; "Wahai Abdu Khodir!, Ketahuilah Aku Tuhanmu!, sesunggunya aku telah menghalalkan  bagimu segala perkara haram. Maka akupun berkata: "berkhianat kau, hai syetan terla'nat," tiba tiba dari arah sana memancar cahaya yang gelap, yang berbentuk asap. Lalu ia berkata kepadaku: " Wahai Abdul Khodir!, selamatlah engkau dasri godaanku sebab ketinggihan ilmu yang engkau miliki, keeratanmu berpegang kepada Tuhanmu, dan sebab kepandainmu dalam setiap hal yang ada padamu. Sedang melalui godaan seperti ini aku pernah berhasil menyesastkan 70 (tujuh puluh) orang ahli Thoriqot. Maka akupun berekata: " hanya kepada Allahlah adanya keutamaan".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar